AMAL ORANG HIDUP UNTUK ORANG YANG SUDAH WAFAT 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad

Advertisement

Penawaran Terbatas! Paket Data 25GB Hanya Rp 90.000


Dapatkan kuota besar 25GB untuk semua nomor AS, Loop, dan simPATI hanya dengan Rp 90.000, berlaku selama 30 hari! Internet lancar tanpa khawatir kehabisan kuota, cocok untuk streaming, gaming, dan browsing sepuasnya!

Aktifkan sekarang dan nikmati kebebasan internet!

Read More Beli Paket
Advertisement
MASALAH KE-12: AMAL ORANG HIDUP UNTUK ORANG YANG SUDAH WAFAT | 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad

AMAL ORANG HIDUP UNTUK ORANG YANG SUDAH WAFAT | 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad 37 Masalah Populer Ustadz Abdul Somad 37 masalah populer ustadz abdul somad pdf  77 masalah populer abdul somad  99 masalah populer abdul somad  99 masalah populer abdul somad pdf  free download 37 masalah populer  37 masalah populer abdul somad pdf download  buku ustadz abdul somad pdf  buku abdul somad pdf

Amal Orang Hidup Untuk Orang Yang Sudah Wafat
Ibadah Haji.
روى البخارى عن ابن عباس رضى الله عنهما أن امرأة من جهينة جاءت إلى النبى صلى الله عليه وسلم فقالت : إن أمى
نذرت أن تحج ولم تحج حتى ماتت ، أفأحج عنها؟ قال "نعم ، حجى عنها ، أرأيت لو كان على أمك دين أكنت قاضيته ؟
اقضوا فالله أحق بالوفاء " .

Al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas, seorang perempuan dari Juhainah datang menghadap Rasulullah Saw seraya berkata, “Sesungguhnya ibu saya bernazar untuk melaksanakan ibadah haji. Ia belum melaksanakan ibadah haji. Kemudian ia meninggal dunia. Apakah saya boleh menghajikannya?”.



Rasulullah Saw menjawab: “Ya, laksanakanlah haji untuknya. Menurut pendapatmu, jika ibumu punya hutang, apakah engkau akan membayarkannya? Laksanakanlah, karena hutang kepada Allah lebih layak untuk ditunaikan”.

قَالَ أَخٌ لِى أَوْ قَرِيبٌ - - .» مَنْ شُبْرُمَةَ « عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم سَمِاَ رَجُلاً يَقُولُ لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ. قَالَ
.» حُجَّ عَنْ نَعْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ « قَالَ لاَ. قَالَ .» حَجَجْتَ عَنْ نَعْسِكَ « لِى. قَالَ

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah Saw mendengar seorang laki-laki mengucapkan: “Aku menyambut panggilan-Mu untuk Syubrumah”.
Rasulullah Saw bertanya: “Siapakah Syubrumah?”.
Ia menjawab: “Saudara saya”, atau: “Kerabat saya”.
Rasulullah Saw bertanya: “Apakah engkau sudah melaksanakan haji untuk dirimu sendiri?”.
Ia menjawab: “Belum”.
Rasulullah Saw berkata: “Laksanakanlah haji untuk dirimu, kemudian hajikanlah Syubrumah”. (HR. Abu Daud).
Puasa.

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها أَنَّ رَسُولَ اللََّّ صلى الله عليه وسلم قَالَ مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صِيَامٌ صَامَ عَنْه - - - -
وَلِيهُّ

Dari Aisyah, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang mati, ia masih punya hutang puasa, maka walinya (ahli warisnya) melaksanakan puasa untuknya”. (Hadits shahih riwayat al-Bukhari dan Muslim, bahkan Imam Muslim memuatnya dalam Bab: Qadha’ Puasa Untuk Mayat).

Apa pendapat ulama tentang hadits ini?
وَقَالَ الْبَيْهَقِيُّ فِي " الْخِلَافِيَّات " : هَذِهِ الْمَسْألََة ثاَبِتَة لَا أَعْلَم خِلَافًا بَيْن أَهْل الْحَدِيث فِي صِحَّتهَا فَوَجَبَ الْعَمَل بِهَا ، ثُمَّ سَاقَ
بِسَنَدِهِ إِلَى الشَّافِعِ ي قَالَ : كُ ل مَا قُلْت وَصَحَّ عَنْ النَّبِ ي صَلَّى اللََّّ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَافه فَخُذُوا بِالْحَدِيثِ وَلَا تُقَلِ دُونِي .

Imam al-Baihaqi berkata dalam al-Khilafiyyat: “Masalah ini (masalah puasa untuk mayat) adalah kuat, saya tidak mengetahui ada perbedaan di kalangan ahli hadits tentang keshahihannya, oleh sebab itu wajib diamalkan”. Kemudian al-Baihaqi menyebutkan dengan sanadnya kepada Imam Syafi’i, Imam Syafi’i berkata: “Semua yang aku katakan, ternyata ada hadits shahih dari nabi yang berbeda dengan itu, maka ambillah hadits, jangan ikuti pendapatku”174.

Kurban.
Pendapat Syekh Ibnu ‘Utsaimin:
الأضحية عن الغير، فقد ثبت في الصحيحين عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: "ضحى النبي صلى الله عليه وسلم بكبشين
أملحين أقرنين، ذبحهما بيده، وسمى وكبر، ووضا رجله على صعاحهما". ولأحمد من حديث أبي رافا رضي الله عنه "أن
النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا ضحى اشترى كبشين سمينين، أقرنين أملحين، فيذبح أحدهما ويقول: اللهم هذا عن أمتي
جميعا،ً من شهد لك بالتوحيد وشهد لي بالبلاغ، ثم يذبح الآخر ويقول: هذا عن محمد وآل محمد". قال في مجما الزوائد:
إسناده حسن، وسكت عنه في التلخيص.
والأضحية عبادة بدنية قوامها المال، وقد ضحى النبي صلى الله عليه وسلم عن أهل بيته وعن أمته جميعا،ً وما من شك في
أن ذلك ينعا المضحى عنهم، وينالهم ثوابه ولو لم يكن كذلك لم يكن للتضحية عنهم فائدة.

Kurban untuk orang lain. Disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim dari Anas bin Malik, ia berkata, “Rasulullah Saw berkurban dua ekor kambing kibasy putih bersih dan bertanduk. Rasulullah Saw menyembelih keduanya dengan tangannya sendiri, beliau sebut nama Allah dan bertakbir. Beliau letakkan salah satu kakinya ke salah satu sisi kambing itu”.
Juga hadits riwayat Imam Ahmad dari hadits Abu Rafi’, sesungguhnya Rasulullah Saw apabila berkurban, beliau beli dua ekor kambing kibasy yang gemuk, bertanduk dan putih bersih. Beliau sembelih salah satunya dengan mengatakan, “Ya Allah, ini untuk ummatku semuanya yang bersaksi kepada-Mu dengan tauhid dan bersaksi terhadapku telah menyampaikan (risalah Islam)”. Kemudian menyembelih kambing berikutnya dengan mengatakan, “Ini untuk Muhammad dan keluarga Muhammad”. Dalam kitab Majma’ az-Zawa’id disebutkan, “Sanadnya hasan. (Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani) tidak memberikan komentar dalam kitab at-Talkhish.
Kurban adalah ibadah badan, dasarnya adalah harta. Rasululullah Saw berkurban untuk keluarganya dan untuk ummatnya, semuanya. Tidak diragukan lagi bahwa kurban itu mendatangkan manfaat bagi mereka, mereka mendapatkan balasan pahalanya. Andai pahalanya tidak sampai kepada mereka, maka tidak ada gunanya kurban itu dilaksanakan Rasulullah Saw untuk mereka175.

Sedekah.
عن سعد بن عبادة قال قلت يا رسول الله إن أمي ماتت أفأتصدق عنها قال نعم قلت فأي الصدقة أفضل قال سقي الماء .

Dari Sa’ad bin ‘Ubadah, ia berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah, sesungguhnya ibu saya meninggal dunia, apakah saya bersedekah untuknya?”. Rasulullah Saw menjawab: “Ya”. Saya bertanya: “Apakah sedekah yang paling utama?”. Rasulullah Saw menjawab: “Memberi air minum”.
(Hadits riwayat an-Nasa’i, status hadits ini: hadits hasan menurut al-Albani).
Bukan Tradisi Hindu.
Ada yang menuduh bahwa bersedekah untuk orang yang sudah meninggal selama tujuh malam itu tradisi Hindu. Benarkah demikian? Mari kita lihat riwayat kalangan Salaf tentang masalah ini,



قال الإمام أحمد بن حنبل رضي الله عنه في كتاب الزهد له حدثنا هاشم بن القاسم قال ثنا الاشجعي عن سعيان قال قال
طاووس إن الموتى يعتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعموا عنهم تلك الأيام.

Imam Ahmad bin Hanbal berkata dalam kitab az-Zuhd, “Hasyim bin al-Qasim meriwayatkan kepada kami, al-Asyja’i meriwayatkan kepada kami, dari Sufyan. Thawus berkata, “Sesungguhnya orang-orang yang sudah mati itu diazab di kubur mereka selama tujuh hari, maka dianjurkan agar bersedekah makanan untuk mereka pada hari-hari itu”.

Komentar Imam as-Suyuthi:
مسألة - فتنة الموتى في قبورهم سبعة أيام أوردها غير واحد من الأئمة في كتبهم فأخرجها الإمام أحمد بن حنبل في كتاب
الزهد والحافظ أبو نعيم الاصبهاني في كتاب الحلية بالإسناد إلى طاووس أحد أئمة التابعين. وأخرجها ابن جريج في مصنعه
بالإسناد إلى عبيد بن عمير وهو أكبر من طاووس في التابعين بل قيل أنه صحابي وعزاها الحافظ زين الدين بن رجب في
كتاب أهوال القبور إلى مجاهد وعبيد بن عمير فحكم هذه الروايات الثلاث حكم المراسيل المرفوعة على ما يأتي تقريره وفي
رواية عبيد بن عمير زيادة أن المنافق يعتن أربعين صباحا. وهذه الرواية بهذه الزيادة أوردها الحافظ أبو عمر بن عبد البر
في التمهيد والإمام أبو علي الحسين بن رشيق المالكي في شرح الموطأ وحكاه الإمام أبو زيد عبد الرحمن الجزولي من
المالكية في الشرح الكبير على رسالة الإمام أبي محمد بن أبي زيد والإمام أبو القاسم بن عيسى بن ناجي من المالكية في
شرح الرسالة أيضا وأورد الرواية الأولى والشيخ كمال الدين الدميري من الشافعية في حياة الحيوان وحافظ العصر أبو
العضل بن حجر في المطالب العالية . ذكر الرواية المسندة عن طاووس قال الإمام أحمد بن حنبل رضي الله عنه في كتاب
الزهد له حدثنا هاشم بن القاسم قال ثنا الاشجعي عن سعيان قال قال طاووس إن الموتى يعتنون في قبورهم سبعا فكانوا
يستحبون أن يطعموا عنهم تلك الأيام. قال الحافظ أبو نعيم في الحلية حدثنا أبو بكر بن مالك ثنا عبد الله بن أحمد ابن حنبل ثنا
أبي ثنا هاشم بن القاسم ثنا الأشجعي عن سعيان قال قال طاووس إن الموتى يعتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن
يطعم عنهم تلك الأيام. )ذكر الرواية المسندة عن عبيد بن عمير(: قال ابن جريج في مصنعه عن الحارث ابن أبي الحارث عن
عبيد بن عمير قال يعتن رجلان ميمن ومنافق فأما الميمن فيعتن سبعا

Permasalahan: azab terhadap orang-orang yang sudah wafat di kubur mereka selama tujuh hari, disebutkan oleh banyak imam dalam kitab mereka:



Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitab az-Zuhd.

Al-Hafizh Abu Nu’aim al-Ashbahani dalam kitab al-Hulyah dengan sanadnya kepada Imam Thawus, salah seorang imam dari kalangan Tabi’in (kalangan Salaf).
Disebutkan Imam Ibnu Juraij dalam kitab al-Mushannaf karyanya dengan sanadnya kepada Imam ‘Ubaid bin ‘Umair dan ia lebih besar daripada Imam Thawus di kalangan Tabi’in, bahkan ada yang mengatakan ia seorang shahabat Nabi Muhammad Saw.
Disebutkan al-Hafizh Zainuddin bin Rajab dalam kitab Ahwal al-Qubur, ia riwayatkan dari Imam Mujahid dan Imam ‘Ubaid bin ‘Umair.
Tiga riwayat ini dihukum sebagai riwayat Mursal Marfu’, sebagaimana akan disebutkan penjelasannya.

Dalam riwayat Imam ‘Ubaid bin ‘Umair terdapat tambahan, “Sesungguhnya orang munafiq diazab empat pulu shubuh”. Dengan tambahan seperti ini disebutkan oleh:
Al-Hafizh Abu ‘Amr bin Abdilbarr dalam kitab at-Tamhid.
Imam Abu Ali al-Husain bin Rasyiq al-Maliki dalam Syarh al-Muwaththa’.
Imam Abu Zaid Abdurrahman al-Jazuli dari kalangan Mazhab Maliki dalam kitab asy-Syarh al-Kabir ‘ala Risalah al-Imam Abi Muhammad bin Abi Zaid.
Imam Abu al-Qasim bin Isa bin Naji dari kalangan Mazhab Maliki, juga dalam kitab asy-Syarh al-Kabir ‘ala Risalah al-Imam Abi Muhammad bin Abi Zaid. Beliau juga menyebutkan riwayat yang pertama (tanpa tambahan).
Syekh Kamaluddin ad-Dumairi dari kalangan Mazhab Syafi’i dalam kitab Hayat al-Hayawan.
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam kitab al-Mathalib al-‘Aliyyah.
Riwayat dengan sanad yang lengkap dari Imam Thawus disebutkan oleh:

Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitab az-Zuhd, “Hasyim bin al-Qasim meriwayatkan kepada kami, al-Asyja’i meriwayatkan kepada kami, dari Sufyan. Thawus berkata, “Sesungguhnya orang-orang yang sudah mati itu diazab di kubur mereka selama tujuh hari, maka dianjurkan agar bersedekah makanan untuk mereka pada hari-hari itu”.
Al-Hafizh Abu Nu’aim dalam al-Hulyah, “Abu Bakr bin Malik meriwayatkan kepada kami, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal meriwayatkan kepada kami, Bapak saya meriwayatkan kepada kami, Hasyim bin al-Qasim meriwayatkan kepada kami, al-Asyja’i meriwayatkan kepada kami, dari Sufyan, ia berkata, ‘Thawus berkata, ‘Sesungguhnya orang-orang yang sudah mati itu diazab di kubur mereka selama tujuh hari, maka dianjurkan agar bersedekah makanan untuk mereka pada hari-hari itu”.
Riwayat dengan sanad bersambung dari Imam ‘Ubaid bin ‘Umair: Imam Ibnu Juraij berkata dalam kitab al-Mushannaf karyanya, “Dari al-Harits bin Abi al-Harits, dari ‘Ubaid bin ‘Umair, ia berkata, ‘Dua orang diazab; orang beriman dan orang munafiq. Adapun orang yang beriman diazab selama tujuh hari176.

Dari penjelasan Imam as-Suyuthi di atas jelaslah bahwa bersedekah untuk orang mati selama tujuh hari itu bukan tradisi agama Hindu, tapi tradisi kalangan Tabi’in dan Salafushshalih. Terlalu cepat menarik kesimpulan dengan teori pengaruh hanya karena ada suatu indikasi kesamaan adalah tindakan tidak ilmiah.

Bagaimana dengan hadits, “Jika manusia meninggal dunia, maka putuslah amalnya”?
Jawaban Syekh Ibnu ‘Utsaimin:
وهذا لا يعارض قول النبي صلى الله عليه وسلم: "إذا مات الإنسان انقطا عمله إلا من ثلاث: إلا من صدقة جارية، أو علم
ينتعا به، أو ولد صالح يدعو له"، رواه مسلم، لأن المراد به عمل الإنسان نعسه لا عمل غيره له، وإنما جعل دعاء الولد
الصالح من عمله؛ لأن الولد من كسبه حيث أنه هو السبب في إيجاده، فكأن دعاءه لوالده دعاء من الوالد نعسه. بخلاف دعاء
غير الولد لأخيه فإنه ليس من عمله وإن كان ينتعا به، فالاستثناء الذي في الحديث من انقطاع عمل الميت نعسه لا عمل
غيره له، ولهذا لم يقل: "انقطا العمل له" بل قال: "انقطا عمله". وبينهما فرق بي ن.

Ini tidak bertentangan dengan hadits, “Apabila manusia meninggal dunia, maka putuslah amalnya kecuali tiga: sedekah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya”. (HR. Muslim). Karena maksudnya adalah, “Amal mayat itu terputus”. Bukan berarti amal orang lain terputus kepada dirinya. Doa anak yang shaleh dijadikan sebagai amal orang yang sudah meninggal, karena anak itu bagian dari amalnya ketika ia masih hidup, karena dia menjadi penyebab keberadaan anak tersebut. Seakan-akan doa anak untuk orang tuanya seperti doa orang tua itu terhadap dirinya sendiri. Berbeda dengan doa selain anak, misalnya doa saudara untuk saudaranya, itu bukan amal orang yang sudah wafat, tapi tetap mendatangkan manfaat baginya. Pengecualian yang terdapat dalam hadits ini, amal si mayat terputus, bukan amal orang lain terputus untuk mayat. Oleh sebab itu Rasulullah Saw tidak mengatakan, “Amal terputus untuk mayat”. Tapi Rasulullah Saw mengatakan, “Amal mayat itu terputus”. Perbedaan yang jelas antara dua kalimat ini177.


Sumber dari file pdf, 37 Masalah Populer oleh Ustad Abdul Somad Lc MA. Jika terdapat kesalahan copy paste dalam tulisan di atas, terutama untuk huruf arab, silahkan merujuk ke sumber aslinya. Download di sini.

Advertisement

Postingan Terkait

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan

Close x